Senin, 25 Januari 2016

Beberapa Tips Menghemat Daya Baterai Ponsel Android



Selamat malam sobat semuanya, gimana nih kabarnya? Hujan deras disini, disitu gimana? Semoga tidak mati lampu hehehe. Kali ini pengen mengulas tentang cara-cara menghemat daya baterai ponsel android. Semoga bermanfaat ya sob...

Sistem Operasi Android memang terkenal boros terhadap daya baterai, apalagi jika dipakai online terus. Terlebih jika kapasitas baterai ponsel androidnya dibawah 2000mAh. Namun sobat tidak perlu terlalu risau dengan hal itu, masih ada cara dan tips untuk membuat daya baterai ponsel android sobat setidaknya lebih hemat. Berikut beberapa caranya.






1. Matikan Getar
Memang sih sob, dengan adanya getar kita lebih mudah mengetahui jika ada panggilan masuk maupun ada pemberitahuan notifikasi lain. Namun dengan mengaktifkan getar bisa menghabiskan banyak daya baterai loh. Untuk itu matikan saja getar untuk menjaga daya baterai tetap hemat. Owiya, matikan juga getar yang ada pada keyboarf saat mengetik.


2. Kecilkan Kecerahan layar Ponsel
Kita pasti tidak bisa menyangkal jika layar ponsel android yang memakan banyak konsumsi daya baterai. Untuk itu men-setting kecerahan atau brightness layar ponsel menjadi lebih redup bisa menghemat daya baterai. Atau sobat bisa gunakan setting brightness otomatis sesuai kondisi cahaya ruangan. Jika tidak ada mode otomatis maka setting manual yang penting tidak terlalu terang alias kita masih nyaman menggunakannya.


3. Ubah Waktu Sleep atau Time Out ke Paling Rendah
Seperti yang tadi saya jelaskan sebelumnya, jika layar ponsel android adalah yang banyak memakan konsumsi daya baterai. Untuk itu ubahlah sleep atau time out layar ke yang paling rendah. Misalnya tadinya sobat atur time outnya 1 menit, nah sekarang ubahlah menjadi yang paling cepat yaitu 15 detik.


4. Charge Baterai Secara Efisien
Untuk menghemat daya baterai ponsel android salah satunya adalah cara men-charge ponsel. Ketika sobat men-charge usahakan ponsel dalam keadaan dimatikan agar pengiaian optimal dan akan memperpanjang umur baterai. Seandainya terpaksa harus menghidupkan ponsel maka usahakanlah diamkan saja jangan sambil dimainkan atau digunakan. Kemudian gunakan charger original yang sudah dirancang pas dengan ponsel yang sobat gunakan.

5. Matikan Koneksi Data, Wifi dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan
Jika sobat sedang tidak menggunakan ponse android, maka sobat lebih baik matikan semua konektivitas. Intinya hidupkan jika diperlukan dan matikan saat tidak digunakan. 



6. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan
Terkadang ada beberapa pengguna ponsel android yang tidak menutup aplikasi secara benar alias masih membiarkannya terbuka. Tentu ini juga membuang dengan percuma daya baterai ponsel android. Yang sobat haris lakukan adalah tap tombol recent aplikasi atau multitasking kemudian clear atau usap aplikasi yang tidak sobat gunakan.

7. Matikan GPS atau Location
Nahh ini dia yang memakan banyak daya baterai ponsel android sobat selain layar. Untuk itu matikan saja GPS jika tidak diperlukan. Dengan begitu sobat akan menghemat pemakaian daya baterai ponsel android sobat.

8. Buat Home screen Menjadi Simple
Semakin banyak widget yang dipasang di homescreen sobat, maka akan semakin banyak daya baterai yang tersedot. Jadi buanglah widget yang tidak sobat perlukan dan ubahlah homscreen menjadi simple. Kemudian jangan gunakan wallpaper yang berupa animasi atau live wallpaper karena itu akan menyedot daya baterai ponsel.

9. Jaga Ponsel Tetap Dingin
Ponsel android jikalau dalam keadaan panas maka akan memakan banyak daya jika dibandingkan kalau ponsel dalam keadaan dingin. Untuk itu jangan biarkan ponsel terkena pancaran sinar matahari langsung dalam waktu lama, jangan terlalu sering dipakai jika tidak diperlukan dan simpan atau letakkan ponsel pada tempat yang sejuk. 

10. Gunakan Aplikasi DU Battery Saver
Sebuah aplikasi pengoptimal baterai bisa sobat gunakan. Yang saya rekomendasikan adalah DU Battery Saver karena selain bisa mengoptimalkan daya baterai, aplikasi ini bisa setting dengan mode yang sobat inginkan mulai dari screen brightness, screen timeout, vibrate/getar, wifi, bluetooth, mobile data, sync dan haptic feedback. Ini bisa mencakup beberapa poin diatas yang sudah saya sebutkan. Kemudian selain itu DU Battery saver terdapat phone cooler yang selalu mendinginkan ponsel android dengan mematikan aplikasi yang tidak digunakan. Kemudian ada advance setting dan notifikasi setting. Kemudian terdapat menu screenlock auto clear, schedule by time, network control, lower CPU frequency dan lain sebagainya. Sobat juga bisa memonitor konsumsi daya baterai ponsel. Ditambah User Interface yang smooth dan bagus. Sobat bisa download di Playstore maupun Mobomarket.





Itulah beberapa cara dan tips dalam menghemat daya ponsel android, semoga bermanfaat ya sob. Kayaknya sekian dulu postingan kali ini, insyaAlloh lain waktu disambung lagi dengan pembahasan lain yang tentunya lebih oke... Wassalam...

1 komentar: