Rabu, 13 April 2016

PT KAI Mudahkan Pemesanan Tiket Kereta Api Lewat Aplikasi KAI Access



Perjalanan menggunakan kereta api semakin nyaman dengan adanya larangan pedagang asongan dan pengemis memasuki stasiun dan kereta api. Disamping itu sudah tidak ada tiket berdiri seperti jaman dulu. Sekarang jumlah penumpang sama dengan jumlah tempat duduk, sehingga penumpang pasti mendapatkan tempat duduk alias tidak ada penumpang berdiri. PT KAI ingin penumpang aman dan nyaman dalam perjalanan. 

Selain berbenah dalam aspek keamanan dan kenyamanan dilingkungan stasiun dan kereta api, PT KAI pun ingin meningkatkan pelayanan dalam kemudahan calon penumpang dalam hal pemesanan tiket. Dalam hal ini PT KAI membuat aplikasi ponsel khususnya android untuk mengakomodir pemesanan tiket agar menjadi lebih mudah dan praktis. 

Adalah aplikasi KAI Access, aplikasi dengan ukuran besar hanya 1,91 MB yang dikembangkan sendiri oleh PT KAI mempunyai fungsi memudahkan calon penumpang untuk mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan tiket kereta api secara online kapanpun dan dimanapun. Dengan aplikasi ini pemesanan tiket menjadi lebih mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk kereta yang sudah terjadwalkan sebelumnya. Jadwal yang dikeluargkan adalah Online Realtime dari PT KAI sendiri. 


Untuk cara pemesanan tiket kereta api menggunakan aplikasi KAI Access ini tidaklah sulit, sahabat hanya perlu registrasi dulu diawal dengan memasukkan data yang valid yang nantinya akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang sahabat daftarkan. Setelah proses pendaftaran sukses, kemudian login dan masukkan kode verifikasinya. Setelah itu sahabat sudah bisa menikmati layanan yang disediakan termasuk pemesanan tiket kereta api. Untuk pemesanan tinggal masukkan stasiun asal dan stasiun tujuan, tanggal berangkat, pilihan kelas dan jumlah orang selanjutnya klik cari, maka akan tertampil daftar pilihan jadwal kereta. Sahabat tinggal pilih yang menurut sahabat cocok lalu klik lanjutkan. Sahabat juga bisa pilih kursi sendiri dengan kursi yang masih belum terisi. Setelah itu sahabat tinggal menyelesaikan pembayaran dengan pilihan metode pembayaran. 


Kemudahan-kemudahan yang didapat pada aplikasi ini antara lain adalah:
1.       Cukup melakukan pembayaran di channel yang telah disediakan
2.      Setelah tiket terbayarkan, dengan menunjukkan bukti lunas dimenu kode booking dan sahabat bisa mendapatkan tiket. Dan kini bahkan sahabat bisa cetak tiket sendiri di Cetak Tiket Mandiri yang terdapat di stasiun.
3.       Maksimal pemesanan sampai 3 bulan
4.       Minimal pemesanan sampai 10 jam sebelum kereta berangkat
5.  Jumlah pemesanan bisa sampai 4 penumpang. Penumpang dapat disimpan di device untuk mempermudah pemesanan selanjutnya.
6.       Integrasi dengan kalender device sehingga mengingatkan calon penumpang kapan akan berangkat
7.       Dapat memilih tempat duduk sendiri
8.       Dapat melihat histori pemesanan sebelumnya
9.       Memiliki maps yang menunjukkan stasiun terdekat
10.   Berbagai informasi lain



Dengan kehadiran aplikasi KAI Access, PT KAI semakin melengkapi layanan pemesanan tiket online yang tentu bisa semakin membantu mengurangi beban stasiun untuk menampung jumlah antrian calon penumpang yang kerap terjadi, terlebih jika memasuki musim liburan panjang. PT KAI juga membuka pemesanan tiket lewat situs resminya. Sebagai salah satu perusahaan BUMN, PT KAI jelas bisa dikatakan telah berhasil untuk menerapkan sistem online untuk kemudahan masyarakat, hal ini tentu sepatutnya bisa menjadi motivasi bagi perusahaan penyedia layanan publik yang hingga kini belum menerapkan sistem online.

Untuk mendapatkan aplikasi KAI Access ini sahabat bisa mendownloadnya di Mobomarket, Toko Aplikasi Lokal Nomor 1 di Indonesia. Sampai Jumpa Lagi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar