Kamis, 30 Juli 2015

Momen Lebaran #LebihBaik : Lebaran Indah Bersama Keluarga



Lebaran, itulah yang ditunggu setelah kita menjalankan puasa Romadhon sebulan lamanya. Sedih, Bahagia, Haru bercampur menjadi satu. Sedih karena tidak terasa kita meninggalkan bulan Romadhon, dimana dibulan tersebut Alloh sedang mengobral pahala, setiap kebaikan dan ibadah kita akan dilipat gandakan pahalanya. Bahagia tentu karena itulah hari kemenangan setelah kita berjuang melawan hawa nafsu serta menahan lapar dan dahaga, bisa berkumpul dengan keluarga serta orang-orang tersayang. Haru karena kita masih diberikan kesempatan oleh Alloh untuk menikmati lebaran bersama orang-orang tersayang dan keluarga.

Lebaran Idul Fitri kali ini banyak momen yang terjadi. Malam lebaran seperti biasanya saya dan keluarga membagi zakat fitrah ke orang-orang yang tidak mampu di lingkungan desa kemudian diteruskan ke Masjid untuk takbiran. Suara bedug pun bertalu-talu menggelegar di Masjid Arrohman diiringi pujian Takbir serta suara petasan pun tak ketinggalan menambah hangat suasana. Di Masjid pun ternyata banyak teman-teman yang sudah mudik dari perantauan, kita bisa sekaligus temu kangen dan nostalgia.

Keesokan harinya kita sekeluarga menuju Masjid untuk melaksanakan Sholat Ied, Alhamdulillah kita bisa datang lebih awal sehingga bisa berada di barisan depan, itu lebih baik dari tahun sebelumnya yang agak terlambat datang ke Masjid jadi hanya kebagian sholat di serambi masjid.

Sepulang dari Masjid, kita terutama saya dan adik-adik sungkem kepada Bapak dan Ibu. Suasana haru pun tak bisa dihindari, air mata meleleh tak tertahankan. Lebaran kali ini juga spesial karena kedua adik saya sudah menikah jadinya mereka sudah mempunya pasangan. Anak saya pun sudah bertambah besar dan sudah lebih pinter.

Usai sungkem, kita lanjut berkeliling kampung untuk silaturahmi minta maaf ke tetangga-tetangga. Itu sudah menjadi tradisi dikeluarga kami. Malahan ada beberapa teman-teman yang ikut rombongan kami untuk bersilaturahmi keliling kampung, jadi makin rame deh.

Adzan Dhuhur pun berkumandang, sudah saatnya kita pulang kerumah untuk sholat, makan diteruskan istirahat. Sepanjang silaturahmi keliling kampung tadi tak lupa saya berbagi kebahagiaan dengan memberikan sejumlah uang untuk para Kyai, meskipun mungkin jumlahnya tidak seberapa namun semoga menjadi amal kebaikan untuk saya dan keluarga. Alhamdulillah lebaran kali ini bisa memberikan lebih banyak dari pada tahun sebelumnya.

Semoga pada lebaran tahun selanjutnya kita senantiasa menjadi pribadi yang selalu #LebihBaik dalam segala hal termasuk dari hal ibadah kita, aamiinn...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar